Konsumsi masyarakat terhadap bahan bakar minyak (bbm) yang semakin
meningkat sementara jumlah pasokan tidak banyak peningkatan, secara
otomatis akan mengakibatkan harga bbm pelan tapi pasti akan terus
menaik. Mobil merupakan salah satu penggunaan bbm yang besar. Nah kita
sebagai pengguna mobil diharapkan memberi sumbangsih dalam menggunakan
bbm secara optimal / tidak boros.
Banyak hal yang bisa dilakukan,
tapi dalam kesempatan ini yuk kita lihat bagaimana caranya irit bbm ala
ecodriving yang saya dapatkan saat pelatihan di Daihatsu Sunter bersama
Autobild. Penerapan yang konsisten kelak terlihat hasilnya yang tentu
saja merupakan kontribusi kita untuk penggunaan bbm yang efisien.
1. Jaga putaran mesin.
Rata-rata
mesin bekerja optimal pada 2500 - 3500 rpm posisi torsi maksimal.
Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka tersebut.
Terlalu
tinggi bbm terbuang cepat, terlalu rendah rpm mesin kehilangan torsi
dan butuh injakan gas dalam ketika hendak menambah kecepatan.
Paling hemat jika anda melaju konstan di rpm tsb dengan gigi tertinggi
2. Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan
Prinsipnya
jika kita mengerem akan dibutuhkan tenaga mesin lagi untuk
mengembalikan kecepatan semula. Karena itu perhitungkan kondisi didepan
anda dan cobalah sekonstan mungkin
3. Gunakan rem mesin (engine braking)
Khusus
mobil injeksi, engine braking membuat hemat saat mengerem. Ketika
proses engine braking berlangsung, komputer akan memutus aliran bahan
bakar ke mesin.
4. Matikan AC jika tidak diperlukan
Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan saja jika anda melaju di cuaca yang sejuk.
5. Hindari Jalan macet dan tentukan tujuan/rute sebelum berkendara
Ketika
mobil berhenti, konsumsi bbm saat itu adalah 0 km/l. semakin banyak
anda menghindari titik kemacetan, semakin baik konsumsi bbm yang
didapat.
Solusi,
Gunakan gps
Pilih jam kekita hendak bepergian
Ketahui titik macet yang biasa terjadi di kota anda
Beberapa mitos dalam berkendara:
"Semakin pelan berjalan, semakin hemat"
Fakta:
Salah! Justru kalau terlalu pelan, mobil tidak punya momen cukup besar
untuk mempertahankan kecepatannya sendiri. Paling ideal melaju 60-120
km/jam di gigi tertinggi
"Membuntuti bus atau truk akan menghemat bbm"
Fakta: Benar, tapi BERBAHAYA!
Membuntuti
mobil besar memang mengurangi hambatan angin. Tapi manfaat yang didapat
tidak sebanding dengan risiko dan bisa berakibat FATAL
"Menetralkan transmisi saat deselerasi menghemat bbm"
Fakta:
Salah! Jika mobil anda injeksi, saat netral berarti mesin butuh bensin
untuk menjaganya tetap hidup. Engine braking justru lebih hemat, karena
nyaris tak ada bensin disuplai ke mesin yang diputar oleh roda.
Ecodriving
Kepedulian anda terhadap lingkungan hidup dapat disumbangkan oleh perilaku anda dalam berkendara efisien.
Tak harus mengganti kendaraan baru, namun optimalisasi yang sudah ada.
Berkendara
hemat = mengurangi jumlah konsumsi bbm = mengurangi jumlah gas buang =
menghemat penggunaan cadangan minyak bumi dan menjaga kualitas udara
agar tetap bersih
Semoga tulisan ini dapat menginspirasi perilaku mengendarai Daihatsu Terios anda. :)
Sumber: Materi pelatihan ecodriving Daihatsu & Autobild
Jelajahi semua tentang Daihatsu Terios dengan blog Terios SUV. Dari ulasan terperinci, spesifikasi terbaru, hingga perbandingan harga—kami menyediakan segalanya. Dapatkan panduan eksklusif, tips perawatan, dan berita terkini untuk memilih Terios sebagai teman perjalanan andal Anda. Blog ini adalah sumber informasi terpercaya untuk penggemar SUV Terios di Indonesia, membantu Anda menjelajahi pilihan kendaraan dengan bijak
Jajak Pendapat (Polling)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Paling Banyak dibaca Minggu Ini
-
Kehandalan kendaraan Daihatsu Terios dan new Terios anda, sebagian besar tergantung pada cara anda mengendarai dan memeliharanya. Bagi and...
-
Kali ini saya share spesifikasi dari Daihatsu new Terios 2013 yang bersumber dari daihatsu.co.id . Pada dasarnya Daihatsu new Terios 2013 ...
-
Biasanya mencari brosur saat launching mobil yang sudah tidak produksi sangat sulit. Berikut saya share brosur saat Daihatsu Terios tiap ...
No comments:
Post a Comment